KKP Setujui OKU Timur Pengembang Kampung Perikanan

OKU TIMUR, SP - Akhirnya Menteri Kelautan dan Perikanan setuju memasukan OKU Timur sebagai salah satu pengembangan kampung perikanan budidaya di Indonesia.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ir Tubagus Sunarseno mengatakan Kegiatan dan anggaran pengembangan kampung perikana budidaya telah masuk ke dalam dokumen anggaran (pagu indikatif). Anggaran tersebut akan difinalkan pada September 2022 saat muncul pagu definitif. Rabu, 4 Agustus 2021 saat audensi dalam rangka sosialisasi pemantapan kampung patin nasional di balai rakyat.

Tubagus melanjutkan, Kegiatan yg telah dimasukan untuk OKU Timur antara lain
Pengembangan dan peningkatan kapasitas produksi Unit Produksi Pakan Mandiri OKU Timur.

Tubagus melanjutkan Bantuan Eskavator untuk perluasan areal perkolaman juga di siapkan oleh pihak kementrian serta Pengembangan perbenihan melalui penyaluran bantuan untuk pembenih (UPR) dan pendeder juga di siapkan programnya oleh kementrian.

Untuk pengembangan pasar patin OKU Timur tubagus mengatakan akan Koordinasi dengan  Ditjen Peningkatan Daya Saing.

Untuk pengembangan budidaya ikan patin juga disiapkan untuk itu dinas peternakan dan perikanan OKU Timur akan berkoordinasi dgn BRSDMKP utk peningkatan jumlah penyuluh. 

Di Indonesia hanya OKU Timur yang memiliki kampung patin yaitu Desa Yosowinangun Kecamatan Belitang, dan OKU Timur merupakan penghasil terbesar ikan patin di Sumatra Selatan.

Sementara itu Bupati OKU Timur menyebut baik program Kementrian Tersebut mengingat OKU Timur merupakan penghasil Ikan Patin terbesar selain Kota Prabumilih dan OKU Timur memiliki Kampung patin.

OKU Timur sendiri siap mengmban tugas yang diberikan Pemerintak Pusat ke Kabupaten OKU Timur.

Hadir dari kementrian  Eki Jauhar Fuad selaku Koordinator Pakan Buatan, Rasyid selaku sekretaris direktur Pakan dan Obat ikan.(SR)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.