Rapat Persiapan Finalisasi Festival Literasi Sumsel Tahun 2021

PALEMBANG, SP - Rapat persiapan penyelenggaraan finalisasi kegiatan Festival Literasi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2021 di hadiri langsung calon Duta Literasi Sumsel Ratu Tenilariva Herman Deru.
Rapat Berlangsung di Aula Dinas Perpustakaan Sumatera Selatan, Jum'at (29/10/2021). 

Kepala Dinas Perpustakaan Fitriana, S.Sos, M.Si, mengatakan dalam rapat tersebut pihaknya mengundang semua 
calon peserta mulai dari pengisian booth untuk pameran yang di ikuti 16 kabupaten/ kota dan di ikuti komunitas literasi dekranasda dan juga Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel.

" Festival Literasi Sumsel akan diselenggarakan di Taman Bukit Siguntang selama tiga hari mulai tanggal 6 sampai 8 November 2021 nanti  kata Fitriana saat ditemui setelah rapat," katanya.

"Dalam pelaksanaannya nanti ada Pengukuhan Duta Literasi Sumsel, Pengukuhan Bunda dan Bapak Literasi Sumsel, Pemberian penghargaan kepada para tokoh masyarakat, pejabat publik dan penggiat literasi dan komunitas yang sudah berkontribusi aktif terhadap kemajuan literasi di Sumsel," paparnya.

Masih kata Fitriana, Acara nanti juga di isi dengan fashion show dengan menampilkan pakaian adat dari 17 kabupaten kota dan penampilan drama beras berasal dari kearifan lokal yakni  Drama Panji Anggraini.

" Pameran tersebut di laksanakan secara langsung  di area dan virtual, juga ada berbagai lomba," katanya.

Untuk persiapan acara ini secara administrasi sudah mencapai 75 persen tinggal 25 persen lagi yang menyangkut persiapan secara fisik di lapangan.

Fitriana berharap acara Festival Literasi Sumsel tersebut, nanti bisa berlangsung dengan sukses, bisa berjalan dengan lancar.

" Hal yang paling kita harapkan dengan acara ini akan berdampak, bermanfaat bagi masyarakat Sumsel terutama dalam meningkatkan pendapatan masyarakat," harapnya.

Sementara itu Ratu Tenilariva Herman Deru atau yang biasa disapa Iva mengatakan ,"  bahwa Festival literasi Sumsel yang di selenggarakan bersama Dinas Perpustakaan Daerah Sumsel bertujuan untuk meningkatkan literasi di Sumsel, karena literasi di Sumsel ini masih sangat rendah dan ini bisa jadi konfen bagi semua," katanya.

Maka dari itu melalui festival ini kami ingin menyuarakan secara besar besaran agar banyak yang lebih mendengar tentang literasi ini sehingga banyak minat dari segala rentang usia dan seluruh elemen masyarakat bisa lebih tertarik dengan literasi. 

" Iva mentargetkan meratakan angka literasi di seluruh 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel bisa di atas angka target Nasional karena yang saat ini Sumsel berada di angka 12,36 sedikit lebih rendah dari target Nasional yaitu 12,63. Kita berharap bisa melampaui dari angka Nasional," katanya.

Setelah dilantik menjadi Duta Literasi Sumsel nanti, Iva akan melanjutkan perjuangan dari yunda Percha yaitu program yang sudah di laksanakan nya yang bermanfaat bagi masyarakat.

" Menggaet komunitas dan seluruh elemen masyarakat maupun teman teman dari disabilitas, mewadahi literasi mereka misalnya menyediakan audio book, buku Breadlife, sehingga literasi bisa di nikmati semua elemen tanpa ada batas kekurangan," pungkasnya (Dharmawan SE/Ocha)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.