Notification

×

Tag Terpopuler

LAYANAN GRATIS AKSEPTOR MOW DAN MOP

Tuesday, November 23, 2021 | Tuesday, November 23, 2021 WIB Last Updated 2021-11-23T00:52:02Z


PALEMBANG ,SP - Dalam rangkaian program Banggakencana , Dinas Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Palembang bekerjasama dengan Tim dokter dari RSA Rika Amelia dan DPPKB menyelenggarakan Pelayanan KB MOP (Metoda Operasi Pria) dan MOW (Metoda Operasi Wanita) tanpa dipungut biaya yang terpusat di Rumah Sakit Ibu dan Anak Rika Amelia , Sabtu (20/11).

Maksud dan tujuan pelayanan KB MOP dan MOW ini adalah untuk menekan angka kelahiran, menurunkan angka kematian ibu dan bayi dan mengendalikan jumlah penduduk di Kota Palembang  yang saat ini sudah mencapai angka 1,67  juta jiwa.

Target awal atau PPM (Perkiraan Permintaan Masyarakat) yang dicanangkan DPPKB pada pelayanan kali ini adalah 9 akseptor untuk MOP (vasektomi) dan 54 akseptor untuk MOW (tubektomi) Akseptor yang menjadi target pelayanan berasal dari 18 kecamatan dalam Kota Palembang .

Menurut Kepala Bidang KB DPPKB Kota Palembang Hj.Siti Fauziah.S.Pd.M.Kes , para peserta harus memenuhi beberapa persyaratan sebelum mendapatkan pelayanan KB MOP dan MOW ini. “Secara umum setiap calon peserta harus secara sukarela tanpa paksaan menerima pelayanan ini, memiliki minimal 2 anak dan tidak mempunyai anak di bawah lima tahun (balita), dan yang ketiga harus sehat oleh karenanya harus diperiksa terlebih dahulu di Puskesmas atau Rumah Sakit, serta tetap memakai protocol kesehatan dengan pemeriksaan PCR.

Pelayanan KB MOP dan MOW tidak diperuntukkan bagi wanita hamil atau sudah terdeteksi kehamilannya, penderita tekanan darah tinggi, penderita diabetes, penderita penyakit jantung, penderita penyakit paru-paru, penderita hernia, penderita anemia berat dan yang terakhir yang belum memberikan persetujuan secara tertulis.

Kontrasepsi mantap (kontap) MOP dan MOW ini memiliki beberapa keuntungan dan kerugian. Secara umum keuntungannya adalah lebih aman karena keluhan lebih sedikit dibanding alat kontrasepsi lainnya, lebih praktis karena hanya memerlukan satu kali tindakan saja, lebih efektif karena tingkat kegagalannya sangat kecil serta lebih ekonomis karena memerlukan biaya untuk satu kali tindakan saja. Sedangkan kerugiannya hanya bersifat jangka pendek yaitu rasa sakit dan tidak nyaman pasca operasi.

“Tidak ada efek samping jangka panjang setelah dioperasi dan juga tidak akan mengganggu hubungan seksual suami istri,” jelas Hj.Siti Fauziah.S.Pd, M.Kes ketika ditanyakan tentang berbagai anggapan masyarakat mengenai MOP dan MOW. (adv)

×
Berita Terbaru Update