Stop Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

PAGARALAM, SP - Dengan diresmikannya UPTD Kekerasan terhadap Perempuan dan anak setidaknya akan dapat meminimalisir kekerasan yang sering dialami oleh anak dan perempuan. 

Perempuan dan anak merupakan objek yang paling rentan terhadap kekerasan, sehingga perlindungan perempuan dan anak dirasa sangat penting untuk menjadi perhatian kita bersama.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni pada saat meresmikan Unit Pelaksanaan Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Kota Pagar Alam, di Jalan Mayjen S. Parman, Kecamatan Pagar Alam Utara, Kamis (18/11/2021).

Pembentukan UPTD PPA tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak No. 4 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pembentukkan Unit Pelaksanaan Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak, yang telah diakomodir Pemerintah Kota Pagar Alam melalui Peraturan Walikota No. 46 Tentang Unit Pelaksanaan Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak pada Dinas PPKBP3A Kota Pagar Alam.

Pada sambutannya, Walikota Pagar Alam Alpian mengatakan setiap daerah perlu memiliki Unit Pelaksanaan Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak, untuk mewadahi dan menjadi wahana operasional pemberdayaan perempuan dan anak dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender.

"Selanjutnya, UPTD PPA ini nantinya akan dikelola oleh masyarakat dan Pemerintah, melalui pelayanan fisik, informasi, rujukan, konsultasi, diskriminasi, perlindungan khusus dan berbagai permasalahan lainnya," kata Walikota.

Walikota menambahkan, senada dengan tema "Stop kekerasan pada perempuan dan anak", UPTD PPA Kota Pagar Alam dituntut harus dapat melakukan berbagai upaya khusus dalam Preventive (Pencegahan), Curative (Penanganan) dan Rehabilitative (Pemulihan dan Pemberdayaan).

"Dari semua hal itu, tentunya UPTD PPA tidak dapat bisa berjalan dengan maksimal jika tidak ada dukungan dari berbagai sektor lainnya, sehingga sinergi dan peran lintas sektor serta masyarakat sangat diperlukan dalam penanganan kekerasan pada perempuan dan anak khususnya di Kota Pagar Alam," tutup Walikota pada sambutannya.

Peresmian UPTD PPA Kota Pagar Alam ini turut dihadiri Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten dan Staf Ahli, Ketua TP PKK tamu dan undangan penting lainnya. (Rep)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.