Upaya Peningkatan Kinerja Insan Pengadaan Melalui Tiga Pilar Program IAPI Tahun 2021


Sekjen DPP IAPI DR. Hermawan SE MM didampingi Ketua DPD IAPI Sumsel Ir Tazili Nawawi MM dan pengurus saat membuka pelatihan bimtek insan pengadaan barang dan jasa (Foto : Ariel/SP)


PALEMBANG, SP - Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) Sumatera Selatan, kembali menggelar Bimbingan Teknis dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tingkat Dasar angkatan ke 11 yang dilaksanakan di Beston Hotel Palembang, Rabu (10/11/2021).

Ujian sertifikasi yang diselenggarakan oleh DPD IAPI Sumsel ini diiukti sebanyak 39 orang peserta terdiri dari utusan masing-masing OPD Pemerintah Kota Palembang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia DR. Hermawan, SE MM.

Sekjen DPP lAPl Pusat DR. Hermawan SE MM, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh DPD lAPl Sumsel yang telah melakukan pembinaan bagi insan pengadaan barang dan jasa di Daerah, khususnya di wilayah Sumatera Selatan.

"Kami dari pimpnan pusat sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan DPD IAPI Sumsel, karena kembali melakukan bimtek angkatan ke 11 bagi insan pengadaan barang dan jasa di Sumsel, karena ini adalah pencapaian yang luar biasa," ujarnya.

Hermawan menjelaskan, sinergi antara DPP dan DPD IAPI itu terwujud dengan terciptanya SDM insan pengadaan yang kompetensinya sangat mumpuni baik skilnya dan sebagainya.

"DPD IAPI bisa menjadi mentor buat insan pengadaan yang ada khususnya di Sumatera Selatan ini, dan bisa menjadi pendamping juga kalau ada masalah-masalah terkait pengadaan itu adalah pilar pertama terkait profesionalisme," jelas Hermawan.

Kemudian lanjut Hermawan, moulit sharing yang mana DPP berseninergi dengan DPD terkait kegiatan sharing pengetahuan, keilmuan dan sebagainya.

"Bisa dalam bentuk pembuatan inovasi-inovasi baru dan sebagainya," tuturnya.

Kemudian Hermawan menambahkan, soal pilar ketiga terkait bersama menciptakan organisasi yang solid antara DPP dan DPD IAPI.

"Sumsel ini salah satu merupakan DPD IAPI teraktif terkait dengan program tiga pilar tadi, baik profesionalisme maupun moulit sharing. Bahkan teman-teman DPD juga ikut mendampingi kaitannya dengan pengadaan," jelasnya.

Sementara itu Ketua DPD IAPI Sumsel Ir. HMS. Tazili Nawawi. MM menambahkan, pelatihan bimtek yang kembali dilaksanakan ditahun di tahun 2021 ini merupakan angkatan yang ke 11.

"Pelatihan ini sudah masuk ke anggkatan ke 11, yang mana program DPD IAPI Sumsel menargetkan hingga akhir tahun 2021 bisa mencapai angkatan ke 14," ujar Tazili.

Dijelaskannya adapun yang mengikuti pelatihan tersebut, sebanyak  39 orang peserta terdiri dari masing-masing utusan OPD Pemerintah Kota Palembang.

"Harapan kami untuk angkatan ke 11 ini khususnya kepada Pemerintah Kota Palembang minimal untuk insan pengadaannya 70 persen sudah bersertifikat. Kami juga melakukan pendampingan," ujarnya.

Tazili melanjutkan, tujuan Bimtek dan ujian sertifikasi PBJ tingkat dasar untuk memenuhi persyaratan bagi SDM pengelola pengadaan barang dan jasa.

"Kegiatan ini bermaksud untuk memenuhi persyaratan bagi SDM pengelola pengadaan barang dan jasa, terutama bagi PPK, Pejabat pengadaan dan Pokja pemilihan yang wajib lulus sertifikasi tingkat dasar berdasarkan Kepres RI No 16 tahun 2018 yang saat ini berlaku, maka untuk memenuhi itulah DPD IAPI Sumsel berupaya melaksanakan Bimtek," tutupnya. (Ariel)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.