Wisata Pedesterian Sudirman Akan Pindah ke Tepian Sungai Sekanak


PALEMBANG, SP -
Restorasi Sungai Sekanak kini masih dilakukan Pemerintah Kota Palembang berkolaborasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). 

Aluran Sungai Sekanak yang kini direstorasi selain untuk mengembalikan fungsi sungai juga sebagai tempat wisata baru di Kota Palembang. 

Walikota Palembang Harnojoyo berencana memindahkan destinasi wisata Pedestrian Sudirman ke pinggiran Sungai Sekanak-Lambidaro. Terlebih saat pandemi ini Pedesterian Sudirman ditutup, sehingga tidak pernah ada lagi atraksi disana.

"Selain sungainya, tapi juga pinggirannya diperbaiki menjadi lebih bagus dan dibuat taman, jadi tidak hanya jalan protokol saja," katanya. 

Harnojoyo mengatakan, sejak alam pemkot berkeinginan menciptakan lokasi wisata baru sehingga tidak terkonsetrasi di jalan protokol saja. Maka kawasan wisata Pedestrian Sudirman bakal dipindahkan ke bantaran Sungai Sekanak-Lambidaro. 

"Proses revitalisasinya sedang berjalan saat ini. Kalau sudah selesai baru akan kita pindahkan ke lokasi tersebut," katanya. 

Progres restorasi Sungai Sekanak Lambidaro untuk segmen Jeramba Karang - 26 Ilir saat ini masih dalam proses pengerjaan. "Target kita bisa selesai pada Desember 2021 ini, kalau sudah baru setelahnya kita pindahkan aktivitas pedistrian Sudirman kesana," katanya. 

Sebelum pandemi, Pedestrian Sudirman jadi lokasi favorit warga Palembang, bahkan wisatawan. Aneka makanan khas Palembang, hiburan seni dan budaya, tempat diskusi sembari ngopi, kerap dijumpai di pedestrian. Malah, disediakan permainan tradisional, semisal Engrang, Bakiak, dan lainnya.

Diharapkan setelah restorasi rampung mampu menjadi salah satu objek wisata baru di Kota Palembang. Pihaknya juga telah menyampaikan kepada Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, dan Dinas Koperasi UMKM, untuk dapat membina masyarakat sekitar.

"Jadi apa yang dibangun dengan dana yang cukup besar ini harus bermanfaat," katanya. (Ara)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.