Notification

×

Tag Terpopuler

Gubernur Herman Deru Hadiri Pelantikan Permatabagsel Periode 2021-2024

Saturday, January 08, 2022 | Saturday, January 08, 2022 WIB Last Updated 2022-01-08T08:38:43Z


Gubernur Sumsel Herman Deru menghadiri Pelantikan Pengurus Permatabagsel Periode 2021-2024 (Foto : Ariel/SP)


PALEMBANG, SP - Pengurus pusat dan daerah Perkumpulan Masyarakat Tapanuli Bagian Selatan (Permatabagsel) periode 2021-2024 resmi dilantik di Auditorium Asrama haji Palembang, Sabtu (8/1/2022).

Pelantikan yang juga bertujuan memperat tali silahturahmi antar warga masyarakat Tapanuli Selatan khususnya di yang berada di Kota Palembang itu, dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

Herman Deru dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi dan bangga karena tujuan dari Permatabagsel ini sangat mulia, tidak hanya merajut dari satu suku saja, dengan berbagai marga, yang diketahui sebagian besar menganut agama Islam namun tidak membedakan dengan agama lain.

"Inilah arti dari ke bhinekaan kita, karena keukhuwahan kita tidak saja di ukur karena satu agama saja, tapi keukhuwahan kita dengan agama lain," kata Deru dalam sambutannya.

Deru berharap, untuk susuan kepengurusan serta seluruh anggota Permatabagsel ini harus kompak dan bahu membahu tidak hanya dalam organisasi, namun juga dapat bersinergi dengan Pemprov Sumatera Selatan.

Sementara itu, H Zulkarnain Nasution selaku ketua umum Permatabagsel, usai pelantikan pengurus Permatabagsel mengatakan, program jangka pendek, tahap awal yang ia lakukan bersama pengurus lainnya yakni akan berkoordinasi membentuk kepengurusan lainnya tidak hanya di kota Palembang saja.

"Kedepan kita akan membentuk kepengurusan di 17 kabupaten/kota, dan diharapakan sebelum tahun 2024 nanti sudah terbentuk semua kepengurusannya,"ujarnya.

Dijelaskannya, bahwa masyarakat Tapanuli Selatan yang berada di Sumsel tergabung dalam organisasi Permatabagsel ini, terdiri dari lima Kabupaten termasuk satu kota yakni warga masyarakat Kabupaten Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara serta kota Padang Sidempuan.

"Kami harapkan kepada seluruh pengurus nantinya, program yang akan disusun bisa terlaksana sesuai dengan arahan gubernur Sumsel, bersama-sama bersatu bekerja keras untuk meningkatkan ekonomi Sumsel khususnya ekonomi masyarakat Tapanuli Selatan yang ada di provinsi Sumsel.

Afifuddin Batubara SH selaku Sekretaris Permatabagsel menambahkan, saat ini jumlah anggota atau warga masyarakat yang berasal dari Tapanuli Selatan yang telah terdata di seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumsel berjumlah 8 ribuan.

"Untuk kota Palembang saja saat ini terdata, ada sekitar seribuan warga Tapanuli Selatan," kata pria yang akrab disapa Afif ini kepada awak media usai pelantikan.

Afif mengatakan, yang menjadi fokus utama pembentukan Permatabagsel ini dalam waktu dekat, yakni dalam jangka pendeknya memprioritaskan dibidang pendidikan, akan memberikan pelayanan pendidikan jika ada keluarga dari anggota Permatabagsel ini kurang mampu.

"Selain itu, kita juga berencana membangun ekonomi kreatif bagi provins Sumsel, yang direncanakan akan membuat koperasi dengan sistem dana bergulir," ujar Afif. (Ariel)

×
Berita Terbaru Update