Notification

×

Tag Terpopuler

Masyarakat Palembang Sudah Bisa Vaksin Covid-19 ke-3

Wednesday, January 12, 2022 | Wednesday, January 12, 2022 WIB Last Updated 2022-01-12T07:22:01Z
PALEMBANG, SP - Vaksin booster Covid-19 sudah bisa dilakukan di seluruh Puskesmas Kota Palembang sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Vaksin booster ini untuk upaya mengembalikan imunitas dan proteksi klinis. Vaksin ke-3 ini diberikan akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis 1 dan 2 yang diterima dan sesuai ketersediaan vaksin di tempat layanan.

Vaksin booster diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia serta diperuntukkan bagi yang berusia 18 tahun ke atas dan telah menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan.

Kelompok prioritas penerima vaksin booster adalah orang lanjut usia (lansia) dan penderita immunokompromais.

"Sudah bisa vaksin ke-3 tapi baru khusus lansia saja," kata Plt Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Mirza Susanty, Rabu (12/1/2022).

Sementara bagi masyarakat umum lainnya baru akan divaksin ke-3 setelah capaian Vaksinasi lansia ke-1 dan ke-2 sudah mencapai 60%.

"Proses screening sama seperti vaksin 1 dan 2, karena baru hari ini jadi belum terlihat antusiasnya," katanya.

Sementara selama ini vaksin booster dilakukan untuk tenaga kesehatan. Namun sudah hampir tuntas karena sudah selesai 92%.

"Sementara secara keseluruhan yang sudah vaksin 84,41% dan lansia 55%. Maka masyarakat umum harus menunggu 5% lagi lansia vaksin ke 1 dan 2, baru bisa vaksin booster," katanya. (Ara)
×
Berita Terbaru Update