-->

Notification

×

100 Orang Perhari Daftar BPJS Ketenagakerjaan Perorangan

Thursday, March 31, 2022 | 15:03 WIB Last Updated 2022-03-31T08:03:39Z


PALEMBANG, SP -
Banyak pekerja yang tidak mendapat jaminan keselamatan dari tempatnya bekerja. Saat ini siapapun sudah bisa daftar perorangan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Palembang Ibkar Saloma mengatakan, pendaftaran menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bisa langsung datang ke kantor, lewat online melalui website ataupun lewat Gojek, dengan membawa KTP.

"Yang tidak didaftarkan oleh perusahaannya, ataupun perorangan lainnya bisa daftar sendiri, sekitar 100 perhari yang daftar," katanya, Kamis (31/3/2022). Menurutnya, sejauh ini banyak orang yang belum sadar akan manfaat yang didapatkan, kurang tahu soal perlindungan, dan masih berpikir untung rugi. Padahal BPJS Ketenagakerjaan ini adalah jaminan sosial bukan asuransi.

"Iuran perbulan Rp16.800 minimal pilih 2 jaminan yang wajib yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM)," katanya.

Peserta yang mengalami kecelakaan kerja akan biayai sampai sembuh. Jika peserta meninggal, akan mendapat uang jaminan Rp42 juta. Dan turun beasiswa maksimal Rp174 juta untuk 2 anak mulai dari TK sampai kuliah.

Kepesertaan Kota Palembang saat ini ada 123.519 orang, diantaranya non ASN 4.400, 11.861 dari perusahaan, dan RTRW 224 orang.

"Selama pandemi ini ada 400 orang yang mengajukan klaim Jaminan Kematian. Mendominasi karena Covid-19," katanya.

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga menjalin hubungan baik bersama Mitra Gojek Palembang. 15 ribu driver Gojek telah terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan 5.600 orang.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, bahwa orang yang beruntung adalah orang yang bisa mempersiapkan diri, baik untuk hari esok ataupun untuk hari ini.

"Mari kita persiapkan diri dengan ikut serta dalam program BPJS Ketenagakerjaan ini," katanya. (Ara)















Popular Posts

×
Berita Terbaru Update