Notification

×

Tag Terpopuler

Jambore Nasional Petani Milenial di OKU Timur Resmi Dibuka Wakil Menteri Pertanian RI

Friday, August 26, 2022 | Friday, August 26, 2022 WIB Last Updated 2022-08-26T11:04:33Z


 

OKU TIMUR, SP - Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, S.T. mendampingi Wakil Menteri Pertanian RI Harcvik Hasnul Qolby dan Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru membuka Jambore Nasional Petani Milenial Resmi Dibuka di Desa Tebing Sari Kecamatan Belitang Madang Raya. Kamis (26/08/2022).


Jambore Nasional ini diikuti 500 peserta dari 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumsel, ditambahkan 2 perwakilan dari Provinsi Jawa barat dan 1 peserta Lampung, kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 26 hingga 28 Agustus mendatang.


Mendukung kegiatan tersebut, Kepala Bank Indonesia menggelontorkan bantuan benih cabe sebanyak 77.777 benih, berikut peralatan pertanian bersama bantuan KUR dan CSR dari Bank Sumsel Babel sehingga dapat dimanfaatkan demi mendukung program prioritas nasional meningkatkan capaian bidang pertanian.


Dalam kesempatan itu, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, S.T. dalam pidatonya menyampaikan, melalui jambore ini diharapkan generasi muda di daerah ini perlu dibangun kecintaannya terhadap  bidang pertanian agar dapat memberikan kontribusi terhadap pertanian sehingga tetap terjaga kestabilan dan sarana produksi dapat ditingkatkan.


“Kita memiliki potensi besar di bidang pertanian, kalau bukan generasi muda sekarang siapa lagi yang akan melanjutkan mengelola potensi tersebut pada masa yang akan datang,” katanya.


Ditambahkan Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, agar petani dapat merubah pola pikirnya jangan hanya terpaku pada peningkatan produksi, dituntut meningkatkan perannya dalam mengembangkan dan memberdayakan para petani, dapat menghasilkan produk yang bermutu serta mampu mengembangkan diri menjadi pengelola usaha agribisnis yang handal dan mandiri. 


"Saya berharap, melalui Jambore Pertanian Milenial yang diikuti oleh 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumsel ada semangat baru bagi petani milenial serta merubah pola pikir dalam upaya mewujudkan dapat segera direalisasikan" ungkap HD.


Selanjutnya, Wakil Menteri Pertanian RI Harcvid Hasnul Qolby dalam kegiatan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan dan Kabupaten OKU Timur atas dedikasinya memajukan pertanian dan meningkatkan produksi pertanian melibatkan peran penting petani milenial untuk mengembangkan pembangunan Pertanian.


"Susuai arahan Presiden, bahwa tahun ini visi pembangunan nasional maka kementan telah melakukan pengembangan dihubungkan dengan dunia usaha dan industri, Sehingga akan terwujud SDM pertanian yang siap menciptakan lapangan pekerjaan", ujarnya 


Dirinya menambahkan , dilakukan di Jambore ini guna meningkatkan kinerja dan menumbuhkankembangkan wirausaha muda pertanian yang berkualitas unggul dalam melakukan upaya peningkatan produktivitas pertanian 


"Kegiatan ini diharapkan sekaligus memperkuat jejaring kemitraan serta meningkatkan penggunaan teknologi alsintan sekaligus meningkatkan wawasan" tutup wamen. (Tim Diskominfo)



×
Berita Terbaru Update