Notification

×

Tag Terpopuler

Panen Raya Padi Sawah IP 200 Dan Peringatan 10 Muharam (Melemang) Desa Karang Raja Dihadiri Pj Bupati Muara Enim

Tuesday, August 09, 2022 | Tuesday, August 09, 2022 WIB Last Updated 2022-08-09T13:50:57Z


Muara Enim, SP - Dalam rangka kegiatan panen raya padi sawah IP 200 dan peringatan 10 muharam (melemang) di Desa Karang Raja  Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumsel dilaksanakan secara bersama di Karang Raja Selasa (9/8/2022).


Acara tersebut dihadiri Pj Bupati Muara Enim Kurniawan Ap,MS.i,Ir Bambang Pramono MS,i Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Kultikutura Provinsi Sumatera Selatan, Ir Ulil Amri Kepala Dinas Penanaman Pangan Dan Kultikultura Kabupaten Muara Enim, Edi Subeno Kepala Badan Pusat Stastistik Muara Enim, Polres Muara Enim ataupun yang mewakili, Dandim Muara Enim Ataupun yang mewakili, Imam Nugroho Rindam II Sriwijaya.


Hadir pula Husni Tamrin Camat Kecamatan Muara Enim, Oktavianti Kepala Desa Karang Raja Kecamatan Muara Enim, Perwakilan dari Prusahaan PTBA dan juga Prusahaan yang lainnya, toko masyarakat serta seluruh warga masyarakat Desa Karang Raja yang sempat hadir dan para undangan  lainnya.


Sementara itu, Hasan selaku Ketua Pelaksana kegiatan  menyampaikan laporan ketua pelaksana melaporkan kegiatan yang dilangsungkan pada pagi hari ini adalah dalam rangka perayaan 10 muharam dan acara tradisi melemang,"


Terutama sekali kami ucapan terima kasih kepada seluruh rombongan yang menyempatkan hadir disini dari Provinsi Sumsel dan Gubernur H Herman Deru Provinsi Sumsel dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Kultikultura Provinsi Sumsel serta kepada semua pihak yang telah membantu baik bantuan berupa material ataupun bantuan yang lainnya sehingga terlaksana kegiatan acara kita berjalan sukses dan lancar.


Pelaksanan panen raya IP 200 kepada semua pihak telah membantu atas supot dan material dan pihak Prusahaan PTBA kami ucapkan terima kasih. tutupnya


Diselah-selah kegiatan acara  secara simbolis penyerahan tranktor kepada Gapoktan, penyerahan bibit beni padi dan santuan anak yatim.


Dikesempatan yang sama, Pj Bupati Kabupaten Muara Enim Kurniawan AP,MS,i dalam sambutannya  dalam rangka memperingati 10 muharam dan tradisi melemang kami atas Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengucapkan dan selamat meperingati tahun baru islam bulan mulia kebesaran dan keagungan Allah Swt diperingati seluruh umat di dunia dan pada hari ini kita laksanakan tepatnya di Desa Karang Raja ini merupakan hakikat  tradisi melemang keistimewaan kita hari ini diridhoi Allah.


Tradisi melemang ini adalah sebuah kearipan lokal dari nenek moyang jangan sampai pudar sebagai media silaturahmi dalam rangka panen raya padi sawah Ip 200 dan melemang.


Terpisah, Ir Bambang Pramono Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Dan Kultikutura Provinsi Sumsel  dalam sambutanya mengatakan kami ucapan terima kasih kepada seluruh yang hadir ditengah-tengah  situasi dan kondisi yang belum begitu baik usai pandemi.


Pada kesempatan ini kita dapat bersama-sama hadir di Desa Karang  Raja menyempatkan syukuran atas semua keberhasilan yang diraih di Tahun 2021 produktifitas hasil panen kabupaten Muara Enim.


Namun masih di bawah Provinsi Sumsel  hasil panen di Kabupaten Muara Enim, di Sumsel 3,9 ton di Tahun 2021 Kabupaten Muara Enim dengan 4,5 ton hasil panen sudah cukup meningkat ini panen ke 2 sedangkan panen perdana 6 ton ada peningakatan hampir 1 ton Per Hektar." Ujarnya.


Selain itu mendapatkan bantuan juga dari Dana Desa (DD) dalam membantu petani Desa Karang Raja berupa traktor dan juga mendapatkan bantuan dari Gubernur Sumsel diantaranya berupa Hendrator, bibit beni jagung, bibit beni padi dan ada bantuan dua ekor sapi." jelasnya. (Dharmawan SE/Yyk/Ana)

×
Berita Terbaru Update