Notification

×

Tag Terpopuler

Proyek Pemasangan Galian Kabal Telkom Perumahaan Tongset PTBA Hampir Rampung

Thursday, September 15, 2022 | Thursday, September 15, 2022 WIB Last Updated 2022-09-15T04:12:14Z


 

MUARA ENIM, SP - Proyek pekerjaan pemasangan galian kabal Telkom  jalur Telkom dengan PT Garindo Palembang yang berlokasi di jalan perumahaan  tongset PTBA Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan.


Pantauan Awak Media dilapangan adanya pekerjaan proyek galian Telkom di jalan perumahaan tongset PTBA, Senin lalu (12/9/2022).


Dalam hal ini disampaikan oleh Dedi Badin selaku Suvervisor/Pengawas dari PTBA Layum ketika dikonfirmasi Awak Media diruangan kerjanya di kantor  PTBA Layum Tanjung Enim.


Dia mengatakan galian pemasangan kabal  perumahan  tongset di PTBA ini salah satunya adalah untuk keperluan internet maka dipasanglah sekarang dengan narik lansung dari Telkom dalam Wilayah PTBA  jarak yang dikerjakan sejauh 3 KM.


Dikatakannya dengan kedalaman galian di dalam itu jangan sampai menganggu ledeng dan listrik karena kita disini dari pihak PTBA  hanya mengawasi saja dan harus extra hati-hati saja dalam pemasangan kabal cari kondisi yang aman jangan sampai terkena pipa listrik karena itu bukan jalur listrik sebab kalau kabal listrik lebih dalam lagi.


Seperti yang telah kita jelaskan di atas bahwa kita hanya mengawasi saja dan diperintahkan. Untuk Intenet perlu dipasang dan juga pelaksanaan pekerjaan harus sesuai aturan yang berlaku berdasarkan RAP yang ada.


Sebab dari pihak Telkom ini selalu komunikasi dengan saya soal pemasangan galian karena tidak sembarangan gali itu sudah ada izin sucerity dan silahkan lanjutkan dengan pekerjaanya melalui tembusan Layum kerja sama antara IT dan Layum sedangkan IT internetnya Layum perumahaannya.


"Wilayah pekerjaan perumahaan masih tangung jawab Layum izinnya ke Layum karena perumahan itu masih baru, kalau saya hanya menjalankan tugas karena ada atasan  kordinasinya karena pekerjaan galian ini paling 3 bulan selesai pekerjaannya sebab pemasangan galian kabal ini baru jalan sekitar 2 minggu dengan target 3 bulan 90 hari kerja selesai," katanya.


Dari Telkom tarik jalur baru untuk PTBA sejauh 3 KM karena ada kabal induk itu jangan sampai tegali dan kalau bisa cari aman selalu kordinasi terus karena ini Investasi Telkom seluruhnya pekerjaan Telkom, PTBA hanya pesan dan kita PTBA  bayar bulanan dan jelasnya sebagai Konsumen  karena di lokasi pekerjaannya wilayah perumahan PTBA.


"Bistek standar pekerjaan laksanakan sesuai dengan RAP dan sepek kerja, standart kedalaman galian dari Telokom dengan kedalaman 80 cm kabal harus masuk dalam tanah galian."Terangnya 


Terpisah, Sarwono salah satu perwakilan Telkom Akses Tanjung Enim ketika dikonfirmasi Media diruangan kerjanya di Kantor Telkom Tanjung Enim mengatakan  yang punya pekerjaan Telkom pihak dari PTBA  hanya sebatas pengawasan karena dalam lingkup konsensi PTBA.


Dijelaskan Sarwono di sini kita Tekom Akses kami cuma bertangung jawab terhadap jaringan karena kami mitra untuk hal masalah itu tidak dilibatkan cuma penambahan jaringan kami tidak pasang kalau ada rusak kami yang memperbaiki bukan wewenang kami lagi untuk penambahan jaringan ada kordinasi pemberitahuan penambahan PTBA.


Yang nama galian PT Garindo adalah anak Perusahaan dari Telkom waktu kita ke PTBA tidak diperintahkan tim Palembang ke PTBA dan bersedia atau tidak kesepakatan kontrak setelah diel ada penunjukkan tender di Palembang yang mengerjakan punya PT Garindo,disini tidak ada kantornya,kantornya ada di Palembang  PT Garindo,Telkom di Tanjung Enim ini Datel nya ke Batu Raja kordinasinya dari Palembang,Batu Raja baru Telkom di Tajung Enim ini.ucapnya


Disampaikannya Yang bertangung jawab PT Garindo lansung dari Palembang untuk jalur internet dan WIP yang mengerjakan  PT Garindo dan berkantor pusat di Palembang.


Diwaktu yang sama, Edo selaku Pelaksana Pengawas PT Garindo mengatakan, pihaknya selalu berkordinasi dengan Pengawas dari PTBA Dedi Bandin, menurutnya pekerjaan sudah sesuai dengan sepesifikasi lapangan dan diperkirakan dalam 1 bulan kedepan akan rampung  pengerjaannya. (Dharmawan)

×
Berita Terbaru Update