Notification

×

Tag Terpopuler

Tiga Kepala Desa Terpilih di Muba Resmi Dilantik

Tuesday, November 15, 2022 | Tuesday, November 15, 2022 WIB Last Updated 2022-11-15T10:15:48Z


 

MUBA, SP - Sebanyak 2 kepala desa (Kade­s) terpilih dari Kec­a­matan Lais dan 1 kep­ala desa dari Kec­aman Sekayu, hasil pemi­lihan kepala desa (P­ilkades) serent­ak ya­ng digelar 17 Oktober 2022, resmi dilant­ik.


Pelantikan dan penga­­mbilan sumpah jabat­an Kades terpilih, di­lakukan langsung oleh Pj Bupati Musi Ban­yuasin (Muba) Drs H Apriyadi MSi, di hal­aman kantor camat La­is, Selasa (15/­11/20­22).


Hadir dalam kesempat­­an itu, Dandim 0401 Letkol Armed Dede Su­drajat, Kapolres Musi Banyuasin AKBP Sis­wandi SH MH SIK, ang­gota DPRD Muba Dapil 4, OPD, Camat Lais, Camat Sekayu, Forko­pimcam Lais.


Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi menjelaskan, pelantikan tersebut sesuai dengan keputu­­san Pj Bupati Musi Banyuasin Nomor 576/KPTS-DPMD/2022 sampai dengan nomor 578/KPTS-BPMD/2022 tanggal 28 Oktober 2022 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Tahun 2022 sampai dengan Tahun 2028 dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin. 


Adapun kepala desa yang di­­lantik adalah H Mus­t­amil Jali kepala desa terpilih Desa Pu­rw­osari, Lisyanti kepa­la desa terpilih Desa Lais Kecamatan Lais dan Agus kurni­awan kepala desa ter­pilih Desa Lumpatan Keca­matan Sekayu.


"Alhamdulillah, hari ini kita menggelar pelantikan kepala desa se Kabupaten Musi Banyuasin dan kebetulan hari ini dapat jadwal Kecamatan Lais dan Kecamatan Sekayu," jelasnya. 


Sebagai orang-orang pilihan masyarakat didesa masing-masing, Apriyadi mengingatkan agar kepala desa terpilih dapat menjalankan roda pemerintahan, melaksanakan pembangunan dan melakukan kemasyarakatan di masing-masing desa. 


"Saya selaku Bupati, memberikan legalisasinya, memberi mandat kepada mereka bertiga untuk menjalankan roda pemerintahan, melaksanakan pembangunan dan kemasyarakatan di masing-masing desa," imbuhnya. 


H Apriyadi menambahkan, bahwa kepada kepala desa terpilih, setelah dilantik dan diambil sumpah maka ada kekuatan kekuasaan yang langsung melekat kepada yang bersangkutan. 


"Nah, tolong jaga amanah kekuasaan ini, nasib desamu, nasib masyarakatmu, hitam dan putihnya ada di tanganmu. Oleh karena itu, tolong hati-hati benar dalam menjalankan amanah menjadi kepala desa," harap Apriyadi. 


Selain itu, dirinya juga meminta agar pemerintah Desa dapat bersinergi dan mendukun program pemerintah pusat, program provinsi dan program pemerintah Kabupaten, salah satunya adalah program yang dicanangkan oleh pemerintah provinsi seperti gerakan Sumsel Mandiri pangan. 


"Gerakan ini sangat baik, tidak memerlukan modal yang besar, tidak memerlukan lahan yang luas, bisa dilaksanakan di lingkungan rumah masing-masing. 


"Tugas pertama memimpin desa, kemudian tugas kedua ajak seluruh komponen ibu-ibu di desa untuk melaksanakan gerakan penanaman di lingkungan rumah masing-masing, gerakkan kembali program kelompok wanita tani yang kegiatannya adalah menanam tanaman Toga dan tanaman palawija di lingkungan desanya masing masing," pungkasnya.


Sementara, Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi mengucapkan terimakasih atas terlaksanya pelantikan dua kepala desa dalam Kecamatan Lais. 


Dirinya juga berpesan kepada kepala desa terpilih untuk dapat bekerja dengan semua pihak. "Saya berharap kepada kepala desa terpilih, rangkul semua pihak, jadilah sosok yang dewasa dan profesional, berikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu. Tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, Semua warga sudah menjadi tanggung jawab Saudara,” harapnya. (ch@)

×
Berita Terbaru Update