Notification

×

Tag Terpopuler

Tingkatkan Pengawasan, Bawaslu Sosialisasi Partisipatif Masyarakat

Friday, December 16, 2022 | Friday, December 16, 2022 WIB Last Updated 2022-12-16T12:41:46Z


PAGARALAM, SP - Pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2024 tidak terelakkan. Pengawasan ini tidak hanya menjadi tugas dan tanggung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) semata. Berbagai element tentu diperlukan peran aktifnya antara lain masyarakat.


Untuk itu, Bawaslu Pagaralam melakukan sosialisasi masyarakat partisipatif, dalam konteks ini peran serta masyarakat juga menentukan sukses tidaknya tahapan tahapan Pemilu mendatang.


Hal ini ditandaskan oleh Eri Apriadi dari Bawaslu Provinsi Sumsel, saat menyampaikan materi atau pembekalan kepada anggota Panwascam se -kota Pagaralam, Jumat (16/12/2022). 


"Kita semua bertanggungjawab atas suksesnya Pemilu. Pengawasan bukan hanya diemban oleh Baw.aslu." Jelasnya di Favour Hotel dan Resto. Pemilu milik semua masyarakat Indonesia karena itu semua harus berperan aktif, ajaknya.


Senada juga diungkapkan boleh ketua KPU  kota Pagaralam, Rachmad Qori Setiawan  Menurut Qori persoalan yang dihadapi oleh panitia pengawas  (Panwas) kompleks dan harus ditindaklanjuti dengan segera. Tujuannya pelaksanaan agar Pemilu berjalan dengan aman dan lancar.'pemilu yang sukses dan lancar tentu harapan'kita semua."ulasnya.


Ditambahkan Qori, bila ada keberatan semisal di tingkat kelurahan yang biasanya oleh saksi Panwascam ambil dan catat keberatan dimaksud lalu berikan solusi serta luruskan. Semisal jumlah surat suara yang kurang. 


Panwascam,PPK dan PPS tindaklanjuti dengan laporan ke tingkat yang lebih tinggi.


"Melapor ke tingkat yang lebih tinggi.agar hak pilih seseorang tidak hangus."jelasnya.


Sosialisasi Pengawasan Masyarakat Partisipatif ditutup dengan pemateri dari Gakkumdu . Terpantau adanya interaksi antara pemateri dengan peserta yang membuat suasana Sosialisasi cukup hidup dan tidak kaku. (Rep)

×
Berita Terbaru Update