Notification

×

Tag Terpopuler

Buka Safari Ramadhan 1445 H di Martapura, Ini Pesan Bupati Enos

Thursday, March 14, 2024 | Thursday, March 14, 2024 WIB Last Updated 2024-03-14T16:33:33Z


OKU TIMUR, SP - Pembukaan Safari Ramadhan 1445H atau Tahun 2024 yang dilaksanakan di Masjid Sabilul Muttaqin Martapura diawali dengan lantunan ayat suci Al-Quran oleh Ananda Sofia Riza MZ yang merupakan Juara Tahfidz Qur'an Terbaik Kabupaten OKU Timur.


Acara yang diselenggarakan usai Buka Bersama, Sholat Maghrib dan Tarawih berjamaah, pada Kamis Malam, 14 Maret 2024 tersebut dibuka langsung oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T didampingi Wakil Bupati H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H, Sekretaris Daerah H. Jumadi, S.Sos, Wakil Ketua TP PKK Nur Inayah, S.Pd., serta Ketua DWP OKU Timur Hj. Sri Jumadi.


Dari Unsur Forkopimda, turut hadir Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono, SIK. M.H, Kajari diwakili Kasi Datun Ali Mashuri, S.H., Perwakilan TNI, Tokoh Agama sekaligus Mantan Bupati OKU Timur 2016-2021 KH. Kholid Mawardi, Staf Ahli, Staf Khusus, Kepala OPD dan Camat di Lingkungan Pemkab OKU Timur.


Dalam laporannya, Kabag Kesra Drs. H. Syukran, M.M selaku Ketua Penyelenggara Safari Ramadhan menyampaikan, "Dasar Kegiatan ini adalah SK Bupati OKU Timur Nomor 133 Tahun 2024 Tentang Pembentukan Tim Pelaksana Safari Ramadhan 1445H di OKU Timur dan dilaksanakan sebanyak 5 kali yang terbagi menjadi 5 titik lokasi".


Adapun 5 titik lokasi dilaksanakan Safari Ramadhan yang dijelaskan H. Syukran yaitu Masjid Sabilul Muttaqin Kec. Martapura (Pembukaan), Masjid Baiturrahman Kec. Bunga Mayang, Masjid Sabilul Hidayah Kec. Madang Suku II, Masjid At-Taqwa Kec. Semendawai Suku III dan Masjid Jami' Al-Wustho Kec. Buay Madang Timur (Penutupan).


Lebih lanjut, H. Syukran mengutarakan, "Alhamdulillah atas Ridho Allah dan Kebaikan Bapak Bupati dan Wakil Bupati, Adik kita Ananda Sofia Riza yang baru saja membacakan lantunan ayat suci Al-Quran diberangkatkan Umroh berkat prestasinya sebagai Tahfidz Qur'an Terbaik Kabupaten OKU Timur. Selain itu, untuk memakmurkan Masjid Sabilul Muttaqin ini, atas intruksi Bapak Bupati kami telah menjadwalkan setiap OPD untuk melaksanakan Tarawih di sini".


Terakhir, H. Syukran menyampaikan bahwa agar kegiatan Safari Ramadhan lebih bermakna dan bernilai ibadah yang berlipat ganda, maka Bupati OKU Timur akan menyerahkan 1935 bantuan di 5 titik secara simbolis kepada yatim piatu, kaum dhuafa dan guru TKA/TPA sebagai perwujudan OKU Timur Maju Lebih Mulia.


Dalam pidatonya, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T mengatakan, "Di bulan yang penuh berkah ini Alhamdulillah kita bisa bermuwajahah dan bersilaturahmi untuk meningkatkan ukhuwah islamiah dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dalam visi misi Maju Lebih Mulia, terdapat misi Kemuliaan yang mana didalamnya harus ada peran dari semua pihak, mulai dari Pemerintah, TNI Polri, Kejaksaan dan ujung tombaknya adalah guru Ngaji atau Guru TPA".


Bupati juga mengajak kepada para jemaah untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terkhusus di Bulan Suci Ramadhan. "Saya juga titip kepada para guru ngaji, ustadz dan ustadzah, didiklah anak anak dengan baik, yaitu baik akhlaknya, baik perilakunya dan baik ilmunya", ujarnya.


"Dalam kesempatan yang baik ini pula, saya mohon kepada seluruh pimpinan Forkopimda untuk mendorong tentang kemuliaan ini tadi, jika kita maju tanpa mulia, akan sangat terasa kurang. Insya Allah usaha kita akan dibalas oleh Allah dengan pahala yang berlipat ganda. Kemudian untuk di Desa, saya harap tidak hanya guru ngaji yang menjadi perhatian, namun juga Mudin, Pengurus Jenazah, dan Penjaga Makam", pungkasnya.


Acara dilanjutkan dengan tausiyah agama yang disampaikan oleh Kasi Bimas Islam Kementerian Agama OKU Timur H. Saryono, S.Ag., M.Pd.i serta diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin langsung oleh K.H. Kholid Mawardi. (Tim Diskominfo)

×
Berita Terbaru Update