Notification

×

Tag Terpopuler

Antisipasi Karhutla, Tim Posko Terpadu 05 Sako, Tingkatkan Patroli

Sunday, September 01, 2019 | Sunday, September 01, 2019 WIB Last Updated 2019-09-01T02:52:33Z

BANYUASIN, SP - Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Tim Posko Terpadu 05 Sako Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, terus berupaya meningkatkan Patroli terpadu di wilayah kerjanya. Patroli ini dilaksanakan setiap hari.

Patroli Terpadu ini dilaksanakan oleh Medi Supri Yadi (BPBD), M. Albar, SH (BPBD), Pelda A. Suyono  (TNI), Aiptu Suparjo, SH (Polri), Aipda Hendra S. SH (Polri), Hendra Suryawan (MA), Wawan Wahyudi (DPA), Awaludin (DPA), Salman Alfarizi (MPA) dan Ruslan (MPA). 

Patroli kali ini dilaksanakan di Desa Tanjung Merbu Dusun Talang Tengah Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, dimana kondisi cuaca di desa tersebut yang mana suhu 33°C, kelembaban  44%, angin 23 kph, keadaan cuaca pada pagi cerah, 
siang cerah berawan dan sore     juga cerah berawan 

Sementara areal rawan terbakar 
dengan koodinat  S : 03.12480° dan E : 104.88920°.
Vegetasi Cucut, Semak Belukar. Kondisi kadar air bahan bakar : -
Jenis tanah mineral. Kedalaman Gambut :-. Sumber Air : -.
Konsentrasi penduduk jarang.
Aktivitas masyarakat bertani.
Status lahan milik masyarakat.
Luas lahan : ± 1,5 Ha dan
potensi kebakaran sedang.

Petugas Patroli melakukan Sosialisasi tentang dampak bahaya yang ditimbulkan akibat KARHUTLA kepada Bapak Iman dan Bapak Burhan, warga Desa Tanjung Merbu Dusun Talang Tengah Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin 
  
Tim melakukan briefing sebelum berangkat ke lokasi patroli di Desa Tanjung Merbu Dusun Talang Tengah Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin.

Tim kemudian melakukan sosialisasi serta pemahaman tentang KARHUTLA dan pembukaan lahan dengan cara tidak dibakar.

Tak lupa  Tim pun memberikan alternatif bahwa membuka lahan pertanian tidak harus dibakar tapi bisa dilakukan dengan pengolahan lahan tanpa bakar (PLTB) dengan cara sisa dari ranting, daun, dapat dijadikan pupuk kompos yang bisa dipakai/digunakan untuk kebun sendiri.

"Sehingga dapat menghemat biaya pertanian. Bahkan sisa dari potongan kayu dapat digunakan untuk pembuatan cuka kayu dan briket arang sehingga dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri, dan bisa dijadikan mata pencarian warga untuk menambah penghasilan di dalam keluarga," Kata Kapolsek Rambutan AKP Iskandar, SH., MH, saat dikonfirmasi, Sabtu (31/08).

Kondisi wilayah Desa Tanjung Merbu Dusun Talang Tengah Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin sekarang memasuki musim kemarau dan setelah dilakukan uji remas serasa terlihat kadar air bahan bakar sudah mulai mengering dan ketinggian muka air sudah jauh drastis menurun dan banyak juga areal rawan tidak memiliki sumber air.

"Warga Desa Tanjung Merbu Dusun Talang Tengah Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin sangat mendukung dan siap berperan aktif dalam  hal mencegah bencana KARHUTLA  dan  sosialisasi diperbantukan apabila kedepannya ada bencana kebakaran hutan dan lahan karena mereka tahu KARHUTLA sangat merugikan dan menganggu aktifitas mereka sehari - hari," pungkas dia (Adm)
×
Berita Terbaru Update