Deru: Pemeriksaan Laboratorium Covid-19 Gratis

Gubernur Sumsel, Heman Deru saat meninjau fasilitas kesehatan Covid-19 di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK), Senin (13/03/2020). (foto:ist)
PALEMBANG, SP - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru memastikan pemeriksaan laboratorium terkait wabah virus Corona (Covid-19) tidak dikenakan biaya sedikitpun atau gratis.

Dijelaskan Deru, kebijakan tes tanpa biaya tersebut berlaku baik bagi pasien yang positif maupun yang negatif Covid-19. Tak hanya itu, kendati tidak dipungut biaya, Deru menmastikan jika pelayanan yang didapatkan masyarakat tetap sesui prosedur.

"Masyarakat perlu tahu bahwa semua sudah ditanggung oleh pemerintah. Jadi bagi masyarakat Sumsel yang menjalani pemeriksaan laboratorium. Positif atau negatif Corona hasil laboratoriumnya semuanya gratis," ujarnya Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK), Senin (13/03/2020).

Disamping itu, Deru menekankan masyarakat juga sadar untuk menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih, mengenakan masker dan menjaga jarak. Hal tersebut menurutnya harus dimulai dari diri sendiri, ke keluarga, maupun kemudian mengajak lingkungannya.

"Bila ada yang merasa mengalami gejala demam, batuk kering atau flu dan berkeinginan untuk memeriksakan diri diupayakan melalui prosedur yang sudah ada. Seperti berobat ke dokter keluarga yang telah ditunjuk oleh BPJS Kesehatan," jelasnya.

Lanjut, dijelaskan Deru, jika hasil pemeriksaan dokter yang bersangkutan diketahui bahwa warga tersebut mengidap gejala Covid-19. Maka dokter akan merujuk ke pasilitas kesehatan (paskes) terdekat baik puskesmas atau rumah sakit milik pemerintah maupun rumah sakit swasta.

"Setelah diperiksa, nanti bisa dipastikan apakah perlu diperiksa laboratorium atau tidak. Jika hasil pemeriksaan di puskes atau rumah sakit pasien dicurigai Covid-19. Maka pasien akan digratiskan dari biaya laboratorium. Ini berlaku untuk pasien positif atau negatif Covid-19," tuturnya. (Rel)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.