Sejumlah Desa Siapkan Ruang Isolasi

Petugas Gugus Tugas Relawan Desa Teluk Kijing 1 Sedang Berjaga di Posko 
MUBA, SP - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Mendes PDTT) mengeluarkan surat edaran agar kepala desa membentuk gugus tugas relawan desa dalam rangka melawan Covid-19 (Virus Corona).

Kememdes PDTT juga telah mengeluarkan protokol relawan desa lawan Covid-19 yang didalamnya meminta agar menyiapkan tempat isolasi bagi warga apabila diperlukan. Ia juga mengingatkan agar gugus tugas relawan desa lawan Covid-19 menyiapkan tersedianya sarana mandi, cuci dan kakus (MCK), serta tempat tidur dan keperluan lainnya yang layak.

Menindak lanjuti hal itu, Kepala Desa Teluk Kijing III Yupanzer Ahmad merespon positif dan siap mendukung penuh upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) di desanya.

Yupanzer menjelaskan, kegiatan tersebut sudah​ di mulai sejak awal merebaknya penyebaran Virus Corona. Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah agar pandemi Covid-19 tidak sampai terjadi di desanya.

"Kami sangat mendukung program pemerintah dalam hal penanganan Covid-19, dan kami sudah membuat​ tenaga sukarelawan guna pencegahan dan antisipasi dari Covid-19 serta telah membuat posko-posko disetiap dusun," pungkasnya saat dikonfirmasi Sumselpers, Rabu (15/4/2020).

Senada disampaikan Kepala Desa Teluk Kijing 2 Margaretha, pihaknya telah membangunan ruangan isolasi di SD Negeri 4 Teluk Kijing. “Ya, kita membangun ruang isolasi di SDN 4 Teluk Kijing,” jelasnya.

Masih menurutnya, pembangunan ruang isolasi sesuai permintaan Kemendes PDDT sebagai bentuk antisipasi merebaknya wabah Virus Corona yang melanda di Indonesia.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan sebelumnya juga pemerintah desa bersama Puskesmas sudah membuatkan portal dipintu masuk desa guna memutus mata rantai Virus Corona.

“Kita sudah upaya sebelumnya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dengan mengawasi masyarakat keluar masuk dengan pemasang portal,” ujarnya.

Sementara, selaku Ketua Apdesi Kecamatan Lais sekaligus Kepala Desa Lais Hasrullah SE mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan ruang isolasi di SDN 1 Lais dan ruang kantor desa sebagai upaya pencegah Covid-19.

"Kita dukung upaya pemerintah dalam hal pemberantasan penyebaran Virus Corona atau Covid 19 diwilayah Muba, khususnya di desa kami yakni Desa Lais. Dan untuk itu kita siapkan dua tempat di Desa Lais,” pungkasnya. (ch@)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.