Camat Suak Tapeh Pimpin Jum'at Bersih


BANYUASIN,SP - Dalam rangka mendukung program Bupati yakni jumat bersih (jumsih), Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag.,M.Si, mengajak seluruh para Pegawai Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, menggelar kegiatan bersih- bersih Mushollah dan kebun PKK, Jum'at (04/09).

Dalam Kegiatan gotong royong ini, para Pegawai Kecamatan bahu – membahu membersihkan ruangan Musholah dan tanaman rumput yang berada di kebun PKK. Hal itu dilakukan untuk menjaga kebersihan Musholah. Juga untuk menjaga kebersihan kebun PKK.

Dari pantauan media ini, terlihat para pegawai Kecamatan dengan penuh semangat menyapu ruangan Musholah dan di luar Musholah. Ambal Musholah juga dibersihkan dan di jemur. Begitu juga di dalam kebun PKK, para pegawai Kecamatan bahu membahu membersihkan rumput dengan menggunakan mesin rumput dan ada juga yang membakar daun kering dan sampah.


BACA JUGA : 

UN Habisi Istri Sirih Dengan Sajam

 Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M Si mengatakan, diinisiasinya gotong royong yang akan dilaksanakan setiap hari jumat atau dengan Istilah Jumat Bersih. Tidak lain karena dirinya ingin budaya gotong royong terus hidup yang selama ini sedikit demi sedikit menghilang tergerus kemajuan zaman.

“Saya bangga dengan antusiasme para Pegawai Kecamatan yang penuh semangat untuk terlibat dalam kegiatan ini. Gotong royong akan dijadikan rutinitas kami dari Kecamatan Suak Tapeh dan ini juga dalam mendukung program Bupati yakni program gotong royong.

Sashadiman Ralibi juga mengatakan kegiatan Juma’at bersih tersebut juga perlu diterapkan disetiap desa yang berada diwilayah Kecamatan Suak Tapeh. Aparatur pemerintah desa dapat mengajak masyarakat untuk rutin melakukan kegiatan Jum’at bersih dengan mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan disepanjang jalan, yang kemudian dikumpulkan atau dibakar.

 

BACA JUGA : 

Tersangka Kasus OTT Muara Enim, Dipindahkan Ke Lapas Pakjo



“Melalui kegiatan Jum’at bersih ini, kami juga ingin memberikan contoh langsung  kepada masyarakat dalam upaya menjaga kebersihan lingkunga. Selain itu, selain sebagai wadah membersihkan lingkungan, kegiatan Jum’at bersih juga dapat mencegah terjangkitnya penyakit yang diakibatkan lingkungan yang tidak bersih, sehingga kegiatan membersihkan lingkungan sangat penting dilakukan masyarakat," tutur dia.

Melalui kegiatan jumat bersih yang selalu rutin dilakukan jelas dia, tentunya akan mengurangi resiko terjangkitnya penyakit di tengah masyarakat akibat lingkungan yang tidak sehat. Melalui budaya jumat bersih yang dilakukan dengan membersihkan lingkungan sekitar atau membakar sampah, serta mengubur sampah yang bisa menampung air, dapat mencegah terjangkitnya penyakit yang di akibatkan oleh gigitan Nyamuk, seperti malaria dan DBD.

"Kami juga menghimbau kepada desa-desa yang berada dipingir jalan untuk dapat fokus dalam melakukan penanggulangan kebersihan dan sampah, karena hal ini juga merupakan salah satu kebijakan dari Pemkab Banyuasin untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan diwilayahnya,” tandas dia. (Adm).

Lihat Juga :


 

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.