Notification

×

Tag Terpopuler

Ribuan Warga Binaan Di Sumsel Dapat Remisi, 26 Diantaranya Langsung Bebas Murni

Wednesday, May 05, 2021 | Wednesday, May 05, 2021 WIB Last Updated 2021-05-05T09:09:52Z

Hamsir SH MH Kasubag Humas Kemenkum HAM Sumsel
 

PALEMBANG, SP - Ribuan warga binaan di Sumatera Selatan (Sumsel) akan mendapatkan remisi khusus (RK) Hari Raya idul Fitri 1442 H.

Dari jumlah sebanyak 8.442 warga binaan itu diantaranya ada 26 orang mendapatkan RK II atau bebas murni, dimana 8 diantaranya merupakan warga binaan atas kasus narkotika.

"Dan perlu kami tegaskan bahwa tidak ada warga binaan atas kasus korupsi yang mendapat remisi," ujar Hamsir SH MH Kasubag Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Sumsel, Rabu (5/5/2021).

Setidaknya di tahun 2021, ada 14.558 warga binaan yang diusulkan Kemenkumham Sumsel
ke Ditjen Pemasyarakatan untuk mendapat remisi Idul Fitri.

Jumlah itu terdiri dari 2.393 tahanan dan 12.165 napi di Sumsel.

Adapun syarat bagi penerima remisi diantaranya berkelakuan baik, sudah menjalani pidana minimal 6 bulan dan sudah lengkap administrasi (putusan pengadilan, eksekusi jaksa, surat perintah penahanan).

Sedangkan untuk warga binaan yang termasuk dalam PP 99 tahun 2012 yaitu koruptor, narkotika, terorisme serta kejahatan transnasional terorganisasi lainnya, Hamsir menjelaskan mereka harus memenuhi syarat yakni mendapat JC (Justice Collaborator) dari penyidik bila ingin memperoleh remisi.

"Diluar dari syarat tersebut, maka tidak berhak untuk mendapat remisi," ujarnya.

Dengan adanya remisi yang diberikan, Hamsir berharap agar warga binaan bisa bersyukur atas pengurangan masa hukuman yang didapat.

"Bahkan ada diantara mereka yang langsung bebas. Nikmatilah berkumpul bersama keluarga dan jangan berfikir untuk melakukan perbuatan pidana baru kembali," tutupnya. (Ariel)

×
Berita Terbaru Update