-->

Notification

×

Satu Hakim Anggota Positif, Sidang Akhmad Najib Ditunda Dua Pekan

Monday, February 21, 2022 | 12:51 WIB Last Updated 2022-02-21T05:51:40Z
PALEMBANG, SP - Sidang perkara dugaan korupsi dana hibah pembangunan Masjid Sriwijaya Jilid III yang menjerat empat terdakwa, Akhmad Najib, Laonma PL Tobing, Loka Sangganegara dan Agustinus Antoni ditunda dua pekan oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Palembang, Senin (21/2/2022).

Penundaan sidang dikarenakan, salah satu hakim anggota positif Covid-19. Sebelum menunda sidang, majelis hakim yang diketuai Yoserizal SH MH, menjelaskan kepada peserta sidang bahwa adanya hakim anggota yang terpapar Covid-19, serta tidak ada hakim pengganti.

"Dikarenakan satu anggota terpapar Covid-19 dan harus istrahat dirumah, serta tidak ada pengganti hakim anggota maka sidang ini kita tunda hingga dua Minggu," kata Yoserizal sebelum menutup dan menunda sidang.

Diketahui sidang hari ini diagendakan mendengarkan keterangan saksi-saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum Kejati Sumsel untuk empat terdakwa tersebut.

Tim JPU Kejati Sumsel, Roy Riyadi SH MH mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan sebanyak tujuh orang saksi untuk dihadirkan dipersidangan baik secara langsung maupun secara online.

"Rencana tujuh saksi yang kita hadirkan hari ini, namun hanya tiga yang terkonfirmasi hadir yakni Zainal Burlian, Richard Cahyadi dan Marwah M Diah," ujar Roy.

Roy menjelaskan, karena penundaan sidang majelis hakim mengeluarkan penetapan untuk sidang selanjutnya dalam perkara ini akan dikebut menjadi dua kali dalam satu Minggu.

"Karena mengejar ketertinggalan sidang, hakim tadi meminta sidangnya nanti menjadi dua kali seminggu dengan menghadirkan saksi sepuluh orang sekaligus," jelasnya.

Dalam dakwaan JPU, keempat terdakwa tersebut didakwa dengan dakwaan primer Pasal 2 ayat 1 atau subsider Pasal 3 Undang-Undang nomor 20  tahun 2001 sebagaimana perubahan atas Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 Jo Pasal 55 Ayat 1 KUHP Jo Pasal 64 ayat 1 KUHP tentang tindak pidana korupsi. (Ariel)














Popular Posts

×
Berita Terbaru Update