-->

Notification

×

Peringatan Hari Jadi Desa Mulyo Rejo Ke-41, Launching 100 Buku Sejarah Desanya

Tuesday, May 17, 2022 | 17:10 WIB Last Updated 2022-05-17T10:10:36Z


MUBA, SP -
Untuk melestarikan dan menyediakan informasi tentang sejarah desa, Pemerintah Desa Mulyo Rejo B4 Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin melakukan Launching 100 Buku Sejarah Desa Mulyo Rejo yang berjudul Sejarah Desa Mulyo Rejo yang  artinya Mulyo berarti Mulya, Rejo berarti Ramai.

Launching yang dilaksanakan di lapangan Desa Mulyo Rejo B4, (17/5/2022) dihadiri oleh Camat Sungai Lilin  Agus Kurniawan Saputra SIP MSi yang diwakili Sekcam Afendi Darojt SH MSi, Kapolsek Sungai Lilin diwakili Kanit Intelkam Iptu Sarwo Edi, Koramil  401-01 Sungai Lilin, Forkopimcam, Kepala Desa dan Lurah di Kecamatan Sungai Lilin, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat Desa Mulyo Rejo, Tim Penggerak PKK (TPK ) Kecamatan Sungai Lilin dan undangan.

Untuk mengenang sejarah berdirinya Desa Mulyorejo B4, Kepala Desa Mulyo Rejo B4 SUHARDI bersama tim penyusun sejarah, mengabadikan sejarah itu di sebuah buku bernama "Buku Sejarah Desa Mulyorejo" yang di serahkah kepada Camat Sungai Lilin.

Affendi Darojat dalam sambutannya mengatakan, atas nama pribadi dan pemerintah Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Muba, dirinya memberikan apresiasi dan selamat kepada Pemdes Mulyo Rejo B4 dan tim penyusun buku sejarah Desa Mulyo Rejo yang telah menginisiasi serta menulis mengabadikan buku sejarah Desa Mulyorejo  ini.

"Sebuah inovasi dan kreatifitas yang patut ditiru dan kita dukung bersama. Tentunya dari buku ini kita dapat mengetahui secara jelas cerita rakyat yang mengandung butir-butir kearifan lokal yang berguna dalam meningkatkan literasi informasi bagi generasi saat ini dan generasi masa depan di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin," ujarnya.

Dirinya berharap, prestasi ini bisa menular pada insan-insan kreatif lainnya, sehingga nantinya seluruh kelurahan dan desa yang ada di Kabupaten Muba, juga bisa berprestasi, bisa menulis sejarah kearifan lokal di wilayahnya masing-masing.

Affendi juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, kepada panitia penyelenggara, Kades Mulyo Rejo B4 serta pihak-pihak lainnya, seperti Tim Penyusun Sejarah,  dan atas kerja keras, kerja ikhlas dan kerja tuntasnya, mulai dari tahap penyusunan, penulisan, penerbitan dan pencetakan hingga tersusunnya buku Sejarah Desa Mulyo Rejo B4 ini.

Kelak buku ini betul-betul dijadikan pedoman atau referensi, sehingga anak cucu di Desa Mulyorejo maupun di Kabupaten Muba, mengetahui sejarah asal muasal Desa Mulyo Rejo Terbentuk.

"Dengan telah dituliskan dan disusunnya buku Sejarah ini, tentunya menjadi literasi baru untuk kita mempelajari sejarah, yang ada di sekitar kita, sejarah Desa Mulyo Rejo yang artinya, "ada dahulu ada sekarang" yang memiliki makna sangat dalam berkaitan dengan peristiwa sejarah," harapnya.

Sementara, Kades mulyo Rejo Suhardi mengatakan, berawal dari gagasan dirinya ingin memiliki sejarah desa, oleh karena itu dirinya bermusyawarah dan membentuk tim penyusun sejarah.

“Saya atas nama pribadi dan jajaran merasa bangga luar biasa, akhirnya buku sejarah ini  bisa terwujud bersama tim sejarah yang semangatnya luar biasa,” ungkap Suhardi.


Menurutnya, suatu kehormatan yang besar bisa menjadi bagian dari sejarah, "untuk saya pribadi, desa Mulyo Rejo B4 memiliki ruang dan kenangan tersendiri bagi saya. Saya menyambut baik dengan di launching nya buku sejarah Desa Mulyo Rejo ini, terima kasih kepada sesepuh desa dan tim, terima kasih semuanya yang sudah membantu terwujudnya buku sejarah desa ini, semoga dengan di launching nya buku ini bisa menjadikan semangat dan inspirasi bagi desa-desa lainnya," pungkasnya. (ch@/soe)















Popular Posts

×
Berita Terbaru Update