Notification

×

Tag Terpopuler

Bantuan Rp500 Juta untuk 129 UMKM, Ini Motivasi Harnojoyo

Thursday, November 24, 2022 | Thursday, November 24, 2022 WIB Last Updated 2022-11-24T08:19:04Z


 

PALEMBANG, SP - Untuk meningkatkan persaingan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pemerintah Kota Palembang memberikan bantuan dengan total Rp500 juta kepada 129 UMKM.


Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, bantuan ini berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) anggaran 2022 yang berasal dari dana bantuan pemerintah pusat. 


"Bantuan ini untuk membantu para pelaku UMKM agar lebih produktif dan lancar dalam produksi usaha," katanya usai memberikan bantuan tersebut, Kamis (24/11/2022).


Menurutnya, saat krisis moneter di tahun 1998, pelaku UMKM inilah yang bisa menyelamatkan roda perekonomian.


"Maka dari itu semangat serta sabar adalah modal utama yang harus dimiliki. Jika gagal dan kembali gagal harus berdiri, jangan putus asa," katanya.

 

Harnojoyo pun memberikan motivasi dengan kisah inspiratifnya kepada para peserta UMKM.


"Dulu saya adalah pelaku UMKM sama seperti mereka, modal awal berjualan dengan 5 ekor ayam saya berjualan di pasar 16 Ilir, bawah Jembatan Ampera," katanya. 


Harnojoyo mengatakan, dari hasil penjualan tersebut bisa menghasilkan dan bertambah terus modalnya, hingga membawanya menjadi seperti sekarang.


Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Sulhikawati mengatakan, UMKM yang mendapatkan bantuan sebanyak 129.


Terdiri dari 114 singel Single Parent (janda) yang memiliki usaha kuliner serta kerajinan tangan, 15 pelaku usaha yang disabilitas dan 88 pemilik kuliner dan lainnya.


"Palembang sendiri mendapatkan bantuan sebesar Rp500 juta dari pusat. Bantuan berupa mesin jahit, kompor gas, etalase serta gerobak bakso," katanya. (Ara)

×
Berita Terbaru Update