Notification

×

Tag Terpopuler

Bupati Enos Ikuti DLA di Singapura

Thursday, November 24, 2022 | Thursday, November 24, 2022 WIB Last Updated 2022-11-25T09:18:26Z



OKU TIMUR, SP - Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, S.T. terpilih dan menjadi satu-satunya Kepala Daerah di Provinsi Sumatra Selatan untuk mengikuti Pelatihan Digital Leadership Academy (DLA) di Singapura selama 4 hari, mulai tanggal 23-26 November 2022.


Kegiatan DLA ini merupakan salah satu progam unggulan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang pelaksanaannya dirancang bersama perguruan tinggi terbaik dunia yang bertujuan untuk memfasilitasi peningkatan kompetensi (knowledge, skill, attitude) pimpinan daerah dalam percepatan transformasi digital di Indonesia. 


Dipilihnya Singapura untuk kegiatan ini karena Singapura merupakan negara dengan peringkat ke-5 tertinggi pada Digital Competitiveness Ranking dalam hasil survey International Institute for Management Development (IMD) tahun 2021. 


Bupati Enos menjadi salah satu dari 20 pimpinan daerah se-Indonesia. Terpilihnya Bupati Enos berkat prestasi dan komitmennya dalam menekan angka inflansi, sehingga inflansi di Kabupaten OKU Timur di bawah rata-rata nasional.


Perlu diketahui, pimpinan daerah yang mengikuti pelatihan ini adalah daerah yang memiliki kriteria Penerima IGA kategori Kabupaten Terinovatif, Kota Terinovatif, Tertinggal Terinovatif, dan Terluar Terinovatif. Kemudian daerah yang memiliki realisasi APBD tertinggi, daerah dengan inflasi dibawah rata-rata nasional, dan pemimpin daerah yang memiliki masa jabatan sampai dengan tahun 2024.


Para Kepala Daerah terbaik ini bakal menerima materi culture of innovation dan digital transformation in government, memahami bagaimana solusi menyelesaikan tantangan smart city yang berfokus pada 9 area.


Diantaranya, Intelligent Estate (perumahan cerdas), Smart Mobility (mobilitas cerdas), Sustainability (pembangunan berkelanjutan), Advanced Manufacturing (produksi canggih), Urban Agriculture (pertanian perkotaan), Smart Wellness (kesehatan cerdas), Healthcare (perawatan kesehatan), Urban Logistics (logistik perkotaan) dan Cloud Computing (penyimpanan bebasis komputasi)


Dalam agenda tersebut akan dilakukan sharing session mengenai budaya dan transformasi digital dalam pemerintahan dan melakukan beberapa kunjungan seperti ke Smartlab Singapura untuk memahami solusi menyelesaikan tantangan smart city.


Selanjutnya bakal mengunjungi cityscape belajar teknologi perencanaan tata kota baik fasilitas maupun manfaatnya bagi masyarakat dan bisnis. 


Juga mengunjungi publik service division untuk bagaimana  strategi peningkatan pelayanan publik termasuk pengelolaan SDM dan kebijakan whole of government. Misalnya mempromosikan budaya kerja yang fleksibel terkait layanan Pemerintah yang disederhanakan kepada warga. (Tim Diskominfo)

×
Berita Terbaru Update