Notification

×

Tag Terpopuler

Dinas Kominfo Muba Gelar Sosialisasi dan Pembentukan PPID De­sa

Thursday, November 03, 2022 | Thursday, November 03, 2022 WIB Last Updated 2022-11-03T06:41:55Z


 

MUBA, SP - Dinas Kom­­unikasi dan Informa­t­ika (Diskominfo) Kab­upaten Musi Banyu­asin (Muba) mengadak­an sosialisasi Pejab­at Pengelola Informa­si dan Dokumentasi (PPI­D) Desa, yang di­sele­nggarakan di Au­la Ka­ntor Camat Lai­s, Kam­is (3/11/2022­).


Acara dihadiri Sekcam Lais Marsofi SKM MM, Kabid Informasi Publik Hj Tri Nurhaya­­ni SE MSi, Selaku La­yanan Informasi Pu­bl­ik M Yusuf SHi, diikuti Kepala Desa dan Sekre­taris Desa yang bera­sal dari 17 desa yakni 2 desa​ dari Kecamatan Bab­at Supat dan 13 desa dari Kecamatan Lais.


Kadiskominfo Muba He­­ryandi Sinulingga AP melalui Kabid Info­r­masi Publik Diskom­in­fo Muba yang juga se­laku PPID Kabupa­ten Muba Hj Tri Nurh­ayani SE MSi mengata­kan, maksud dan tuju­an kegiatan ini adal­ah tersedianya fasil­itas pelayanan infor­masi serta penerapan pen­ggunaan teknolo­gi in­formasi dalam mening­katkan pelaya­nan dan memberikan informasi kepada masy­arakat di Kabupaten Muba kh­ususnya bagi masyara­kat yang me­merlukan informasi publik.


"Hari ini kita laksa­­nakan sosialisasi sekaligus pembentukan PPID Desa. Di Kecam­atan La­is sudah ter­bentuk di dua desa yakni Desa lais dan Desa Epil," jelasnya.


Dirinya berharap, de­ngan adanya PPID desa nantinya keterbuka­an informasi benar - benar terwujud, set­iap info­rmasi publik nantinya akan bers­ifat terb­uka dan da­pat diakses oleh set­iap penggu­na Inform­asi publik dan setiap informasi publik harus dapat diperoleh setiap pem­ohon inf­omasi publik dengan cepat, tepal waktu, biaya ringan, dan de­ngan cara ya­ng sede­rhana, dan ag­ar Pej­abat Pengelola Infor­masi dan Dokum­entasi di setiap OPD bisa membuat daftar eval­uasi Publik


"Ini yang ketiga, se­be­lumnya di Kecamat­an Sekayu, Sungai Ke­ruh, Lawang Wetan, Plakat Tinggi dan Jir­ak, selanjutnya Keca­matan Sun­gai Lilin, Bayung Lencir dan Kecamatan Tungkal Jaya dan hari ini Kecam­atan La­is dan Babat Supat," imbuhnya.


Tri Nurhayani juga menjelaskan, Kabupaten Muba terpilih masuk dalam apresiasi PP­ID desa Tingkat Nasi­onal. Adapun kabupat­en kota yang mewakili dari Sumsel untuk seleksi Apresiasi De­sa ting­kat nasional adalah Kabupaten Mu­ba, OKU, OKU Timur, Pra­bumulih dan Muara En­im.


"Seleksi tanggal 14 hingga 25 Nov­ember 2022 dan mewak­ili dari Muba adalah Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin. Kita berharap Kabupaten Muba minimal masuk sepuluh besar sebagai desa yang te­rpilih dalam Apresia­si De­sa," pungkasnya.


M Yusuf SHi menambah­kan, PPID terbentuk berda­sarkan UU Nomor 14 Tahun 2008 tent­ang Ke­terbukaan Inf­ormasi Publik, imple­mentasi PP Nomor 61 Tahun 2010, Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi Publik di Kementri­an dan Da­erah Permen­dagri No­mor 3 Tahun 201­7, Perki Khusus PPID Desa yakni Perki Nomor 1 Tah­un 2018. (ch@)

×
Berita Terbaru Update