Notification

×

Tag Terpopuler

Lima Puskesmas dan Rumah Sakit ini Layani Vaksin Rabies

Monday, September 16, 2019 | Monday, September 16, 2019 WIB Last Updated 2019-09-17T02:23:41Z
Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Sayuti (foto/net)
- Bahaya Hewan Rabies Pemkot Vaksin Gratis

PALEMBANG, SP - Lambannya penanganan dan vaksin rabies pada korban gigitan anjing dan kucing yang terjangkit rabies bisa mengakibatkan kematian. Saat ini sudah ada lima puskesmas dan rumah sakit yang melayani vaksinasi bahkan akhir September ini akan dilakukan vaksinasi gratis. 

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Sayuti mengatakan, vaksin kepada hewan tersebut sangat penting. Pasalnya, berdasarkan laporan 2015 lalu ada yang meninggal akibat penanganan lamban serta terlambat suntik vaksinasi. 

"Orang yang terkena gigitan anjing, tapi lambat disuntik rabies, 10 persen akan mengalami kematian," ujarnya.

Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat yang sudah terlanjur terkena gigitan anjing atau kucing liar makan lakukan suntik vaksin rabies. Saat ini  Puskeswan Gandus siap melayani 24 jam. Selain itu ada lima puskesmas sudah melayani suntik rabies seperti di Plaju, Sematang Borang, Merdeka, Gandus, kemudian Rs Bari dan RSMH.

Sayuti mengatakan, hewan berkaki empat memang harus dikandangkan, hewan peliharaan tidak boleh berkeliaran. Paling banyak daerah perbatasan, banyak sekali anjing. Untuk itu, pihaknya menggandeng komunitas pecinta hewan. "Kita mengimbau agar menjaga hewan peliharaan," katanya.

Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia, pihaknya akan mengadakan vaksinasi rabies. Kelurahan Bukit Sangkal akan menjadi pilot project untuk menuju Palembang bebas rabies. "Ini merupakan rangkaian acara. Kita bekerjasama dengan 30 dokter praktisi hewan untuk pemberian vaksinasi gratis baik kucing dan anjing," ujarnya.

Dia menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan antisipasi, kalau khusus rabies tidak ada, makanya pihaknya menerapkan sistem jemput bola. "Di bulan bakti ini kita pusatkan di Kelurahan Bukit Sangkal. Dipilihnya lokasi ini karena sudah banyak keresahan, seperti hewan yang kerap mengganggu. Kita harapkan jadi pilot project dan Palembang dicanangkan bebas rabies," jelasnya.

Sayuti mengatakan, acara puncak akan digelar 28 September mendatang, telatnya di Kenten Permai untuk membuka acara. "Kita gelar vaksinasi untuk kucing ras, termasuk kucing kampung juga kita undang supaya ramai," katanya. (Ara)
×
Berita Terbaru Update