Notification

×

Tag Terpopuler

Ojk Dorong Pasar Modal Transparan-Kredibel

Friday, January 03, 2020 | Friday, January 03, 2020 WIB Last Updated 2020-01-03T03:00:37Z

Presiden Jokowi saat menghadiri pembukaan perdagangan saham di tahun 2020 di Bursa Efek Indonesia. (Foto/Ist)
JAKARTA, SP – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso mengatakan, pihaknya terus berkomitmen dan mendorong berbagai pihak untuk mewujudkan industri pasar modal yang berdaya tahan, efisien, transparan dan kredibel.

Dijelaskan Wimboh, untuk mewjudkan keinginan tersebut pihaknya menyiapkan beberapa langkah kebijakan yang berfokus pada pasar modal. Seperti, peningkatan pelaksanaan governance yang lebih baik yang akan dapat memperkokoh kepercayaan investor dan pelaku pasar terhadap pasar modal Indonesia.

"Kemudian meningkatkan peran pasar modal dalam pembiayaan berbagai proyek di sektor-sektor strategis pemerintah, di antaranya melalui pemberian berbagai insentif kepada para emiten yang bergerak pada pengembangan sektor-sektor strategis Pemerintah dan yang mengedepankan aspek ramah lingkungan," ucapnya.


Wimboh menambahkan, pihaknya juga akan meningkatkan jumlah emiten UMKM, melalui penyederhanaan aturan penawaran umum dan kewajiban transparansi bagi UMKM maupun peningkatan peran perusahaan efek daerah. “Setelah itu kita akan membangun ekosistem pasar modal yang lebih dalam,” paparnya.

Wimboh menilai, pengembangan ekosistem pasar modal tersebut dilakukan dengan cara melanjutkan pengembangan central counterparty clearing (CCP), memperluas instrumen pasar modal, yang bersifat konvensional, syariah maupun berwawasan lingkungan, seperti project crowdfunding, obligasi daerah, blended finance dan juga project bonds. (Dkd)
×
Berita Terbaru Update