Notification

×

Tag Terpopuler

Ribuan Hektar Sawah Petani di OKU Timur Dapat Tambahan Pasokan Air

Friday, November 04, 2022 | Friday, November 04, 2022 WIB Last Updated 2022-11-04T09:48:09Z


 

OKU TIMUR, SP - Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, S.T. didampingi Kepala Dinas PUTR Ir. Aldi Gurlanda, S,T., M.M. membuka perdana Pintu Air saluran BK 1 yang mengaliri ribuan hektare sawah petani tersebar di enam desa di Kecamatan Buay Madang Timur. Jum’at, 04 November 2022.


Untuk diketahui, jalur irigasi ini sudah puluhan tahun mengalami penyumbatan akibat endapan lumpur ditambah banyak tumpukan sampah. Setelah dua puluh hari berjalan Dinas PUPR Kabupaten OKU Timur menurunkan alat berat untuk melakukan pembersihan dan pengangkatan lumpur.


Dalam kesempatan ini, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, S.T. mengatakan, perhatian kita terhadap saluran irigasi ini merupakan yang ketiga kalinya setelah sebelumnya kita melakukan perbaikan longsor tanggul di BK 1, di BK 3 dan BK 0 ini dilakukan pembersihan dan pengangkatan lumpur. Manfaatnya lanjut Bupati tentu sangat luar biasa bagi masyarakat petani kita.


“Manfaatnya bisa dirasakan petani Padi kita, ada ribuan hektare sawah mendapat tambahan pasokan air, begitu juga disektor perikanan. Kedepan mari kita bersama-sama menjaga saluran irigasi yang sudah kita perbaiki sekarang,” tutur Bupati.


Bupati melanjutkan, dengan perbaikan ini masyarakat bisa diringankan dibidang sarana produksinya, yang selama ini menggunakan sumur bor, pompa air kedepan tidak lagi. “Semoga produksi padi dan sektor perikanan masyarakat kita meningkatkan setelah ada tambahan pasokan air ini. Terima kasih Kepada kades, Masyarakat dan semua pihak yang telah kerja sama ikut memperbaiki saluran irigasi ini,” lanjutnya.


Sementara itu, Camat Buay Madang Timur Muhammad Andrie, S.IP menerangkan, saluran irigasi tersebut mengairi setidaknya ada 1.248 hektar sawah dari 6 Desa yang ada di Kecamatan Buay Madang Timur. Sebelumnya masyarakat mengalami kesulitan dalam mencukupi kebutuhan air untuk persawahan dan perikanan serta kebutuhan lainnya dikarenakan ada penyumbatan di saluran irigasi tersebut.


“Sebanyak 1.248 hektar sawah dan 12,308 jiwa yang terdiri dari 6 desa di Kecamatan BMT kembali mendapatkan tambahan pasokan air, untuk kebutuhan pertanian dan lainnya. Mari kita jaga bersama agar kedepan kondisi saluran irigasi terus lancar tidak kembali mengalami hambatan,” ujarnya


Ditempat yang sama, Kardi selaku perwakilan Petani mengaku sangat terbantu, terhadap kegiatan pembersihan dan pengangkatan endapan lumpur di sepanjang saluran irigasi dari BK 1 sampai Desa Purwodadi. Dampaknya mulai semalaman aliran sungai sudah mulai mengalir lancar.


“Atas kerja Pak Bupati dan Jajarannya, alhamdulillah kami sudah merasakan manfaatnya sebelumnya kami menggunakan pompa air, sekarang sudah dengan cara manual menggunakan pintu air. Namun terakhir kami harapkan Pak Bupati juga memperbaiki akses jalan di Desa ini yang sudah mengalami cukup parah,” ujarnya. (Tim Diskominfo)

×
Berita Terbaru Update