Notification

×

Tag Terpopuler

Minta Wabup Muara Enim Tak Dilantik, Massa Aksi Datangi Gubernur Herman Deru

Monday, January 09, 2023 | Monday, January 09, 2023 WIB Last Updated 2023-01-09T09:17:07Z

Tolak pelantikan Wakil Bupati Muara Enim, massa aksi datangi Gubernur Sumsel Herman Deru (Foto : Ariel/ SP)

PALEMBANG, SP - Puluhan massa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Muara Enim Menggugat melakukan aksi di kantor Gubernur Sumsel, Senin (9/1/2023). 


Kedatangan massa tersebut, meminta Gubernur Sumsel Herman Deru agar tidak melantik Wakil Bupati Muara Enim terpilih Ahmad Usmarwi Kaffah SH.


Kordinator aksi Endang mengatakan, aksi demo dilakukan dalam rangka menolak pelantikan Wakil btupati Muara Enim karena dinilai cacat hukum. 


"Jadi kami minta Gubernur Sumsel Herman Deru untuk tidak tergesa-gesa melantik Wakil Bupati, sebelum adanya putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), tidak usah takut intervensi siapapun, jangan dituruti, " Ujar Endang dalam orasinya.


Dikatakannya, pemilihan wakil bupati tersebut tidak melalui proses yang benar dan melabrak aturan perundang- undangan. 


"Percuma juga wtakil Bupati dilantik, sementara masa jabatan tidak sampai satu tahun lagi tersisa. Tidak ada yang bisa dikerjakan Wakil Bupati dengan sisa masa jabatan selama 7 bulan, selain hanya ingin mengeruk harta Kabupaten Muara Enim saja," katanya.


Setelah melakukan pertemuan dengan Herman Deru,  Endang mengatakan bahwa Gubernur belum memberikan kepastian apakah akan dilantik atau ditunda, namun dia akan menghormati setiap aspirasi dan proses hukum yang sedang berjalan saat ini. 


"Tadi Gubernur bilang sebelum melantik akan mengumpulkan Forkopimda dan yang bersangkutan untuk dilakukan evaluasi terlebih dahulu, dan menilai dari berbagai aspek baik hukum, sosial dan kondusifitas,"Ujarnya. 


Endang mengatakan, jika Gubernur akan memberikan keputusan yang terbaik dan akan menunggu proses hukum di PTUN.


"Ya kalau tetap dilantik dan tidak mengindagkan proses hukum artinya tidak mengindahkan aspirasi rakyat, jika ternyata tetap ngotot dilantik tentu kami akan tetap menolaknya," pungkasnya. (Ariel)

×
Berita Terbaru Update