Notification

×

Tag Terpopuler

Sumbangan PAD 2024 dari Dishub Berkurang Signifikan

Tuesday, March 19, 2024 | Tuesday, March 19, 2024 WIB Last Updated 2024-03-19T07:56:05Z


PALEMBANG, SP - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang 2024 ini kehilangan banyak potensi retribusi yang bisa menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD).


Menurut Sekretaris Dishub Kota Palembang Agus Supriyanto hal ini terjadi sejak berlakunya UU Nomor 1 Tahun 2022 tentang pajak dan retribusi daerah.


Agus mengatakan, sejak 1 Januari 2024 retribusi yang dikelola hanya dua dari dulunya lima retribusi, dimana tiganya diambil alih oleh pemerintah pusat. 


"Mulai tahun ini kita hanya mengelola retribusi Parkir dan jasa kepelabuhan (ASDP)," katanya.


Hal ini membuat target dan pengelolaan retribusi di dinas perhubungan berkurang signifikan. Sebab, dari dua retribusi yang dikelola Dishub kota Palembang ini target yang ditetapkan selama satu tahun sebesar Rp8,6 miliar. 


"Dari Rp8,6 miliar ini, dibagi Rp8 miliar untuk target retribusi parkir dan Rp600 jutanya untuk retribusi jasa kepelabuhan," katanya.


Angka target retribusi ini tentunya jauh berkurang, bukan hanya dari sisi item pengelolaan yang sudah pasti memangkas PAD yang biasanya masuk dari retribusi yang sudah dihapuskan. 


Melihat dari target retribusi yang masih dikelola yaitu retribusi parkir juga mengalami penyesuaian target yang cukup signifikan. 


Berdasarkan data yang dihimpun dari informasi sebelumnya, bahwa target retribusi parkir Palembang sebelumnya di angka Rp12 miliar. (Ara)

×
Berita Terbaru Update