Notification

×

Tag Terpopuler

Plafon Ruang Belajar SMPN di Pagaralam Ambruk, Proyek Aspirasi DPR RI

Sunday, April 07, 2024 | Sunday, April 07, 2024 WIB Last Updated 2024-04-07T02:13:48Z


PAGARALAM, SP - Pembangunan ruang belajar SMP Negeri 1 Kota Pagaralam sudah selesai dilaksanakan. Pembangunan ruang belajar dengan dana aspirasi DPR RI ini diyakini menelan biaya yang tidak sedikit. 


Namun proyek ini menyisahkan pertanyaan mendalam lantaran baru hitungan bulan selesai Plafon nya ambruk.Berumtung tidak menelan  korban.


Tidak diketahui jumlah nominal rupiah pembangunan lantaran tidak dimuat di papan proyek yang terpampang. Akan tetapi hanya menjelaskan nilai global dari 5 sekolah yang dibangun untuk Pagaralam,selain SMP Negeri 1 SD 09, SD 22 juga diantaranya dibangun bersamaan dengan SMP Negeri 1 Pagaralam.


Tarmizi selalu yang dipercaya dalam proyek ini ketika dikonfirmasi menuturkan, ada 5 sekolah yang dibangun lewat aspirasi DPR RI ini.kerusakan plafon sudah diperbaiki oleh pihak kontraktor. 


Menurutnya,pihak sekolah ingin menambah daya listrik tanpa koordinasi terlebih dahulu dengan bagian plafon. Nah saat memijak itu plafon terjadilah  ambruk plafon.


"Kerusakan ada plafon sudah diperbaiki karena masih dalam masa pemeliharaan. Kontraktornya semua dari Palembang," ujar Tarmizi saat dihubungi media ini melalui panggilan WhatsApp, Selasa (2/4/2024) lalu.


Lokal yang ambrol plafonnya adalah klas IX menurut Kepala SMP Negeri 1 Kota Pagaralam Nasip Kasyanto saat disambangi belum lama ini, rusaknya plafon karena kelalaian pihak kontraktor yang mau pasang NCB. 


"Bukan atas permintaan sekolah dan itu  memang kewajiban dari kontraktor kalau pihak sekolah yang minta dipasang tentu tanggung jawab sekolah manakala ambruknya itu plafon," sebutnya.


Pernyataan ini sekaligus membantah pernyataan Tarmizi selalu pengawas yang menyebut atas permintaan pihak sekolah. Pastinya, memang terjadi ambruknya Plafon di klas IX H dan sudah diperbaiki.


"Kita (pihak sekolah) sebagai penerima manfaat ya senang dibantu pembangunan lokal, kalau menyangkut teknis kita tidak faham, apakah sesuai speck dan sebagainya," tutur Nasip Kasyanto.


Sementara pihak Dinas Pendidikan Kota Pagaralam yang diwakili oleh Kabid Dikdas Enharudin menjelaskan, kegiatan rehab SMP 1 tahun anggaran 2023 dikerjakan oleh balai Pemukiman Provinsi yang sumber dananya dari APBN dan dikerjakan oleh kontraktor dari Palembang. 


"Rehab sekolah tahun anggaran 2023 ini termasuk SD 61, SD 09, SD 22 dan SD 42.  'tukasnya.


Lanjut Enharudin, pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan Balai terkait kerusakan atau keluhan pihak sekolah, seperti halnya yang terjadi  di SMPN 1 dan kerusakan sudah diperbaiki oleh pihak kontraktor. (Rep)

×
Berita Terbaru Update